Strategi Promosi Media Sosial dalam Menarik Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Atho'illah, Ahmad Arya and Masruri, Anis (2025) Strategi Promosi Media Sosial dalam Menarik Minat Kunjung Pemustaka Di Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. UNILIB: Jurnal Perpustakaan, 16 (1). pp. 81-89. ISSN 2715-274x

[img] Text
Artikel Jurnal - Ahmad Arya Atho’illah - Mei 2025.pdf

Download (641kB)
Official URL: https://journal.uii.ac.id/unilib

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi promosi media sosial yang dilakukan Perpustakaan Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta (UNU Yogyakarta) dalam meningkatkan visibilitas dan keterlibatan pemustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data dilakukan melalui triangulasi dan analisis tematik diterapkan untuk mendalami informasi yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan berhasil memanfaatkan platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, dll. untuk menyampaikan informasi tentang koleksi dan layanan, serta menciptakan interaksi yang lebih baik dengan pemustaka. Rekomendasi dari penelitian ini adalah agar perpustakaan terus mengembangkan konten kreatif dan adaptif sesuai dengan preferensi pengguna serta mengeksplorasi media sosial tambahan untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya media sosial sebagai alat strategi promosi yang relevan untuk meningkatkan minat kunjung ke perpustakaan di era digital saat ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi; media sosial; Perpustakaan; Minat Kunjung; UNU Yogyakarta
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 16 May 2025 03:48
Last Modified: 16 May 2025 03:48
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item