Hikmah, Harisna and Nugroho, Wahyu and Azmi, Ulul (2021) Improving Aliyah Students’ Speaking Skills by Using Podcast. DUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (6). pp. 5057-5065. ISSN 2656-8071
Text
Jurnal Improving Podcast - Harisna, Ulul, Wahyu.pdf Download (585kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XII Aliyah dengan menggunakan media Podcast. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan penggunaan teknologi dalam pengajaran dalam masa pandemic covid19 ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain pre-test post-teat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas XII IPA putri sebagai kelas . Instrumen dalam penelitian ini adalah test speaking dan angket untuk melihat perepsi siswa terhadap penggunaan media Podcast dalam pembelajaran speaking. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t. Sedangkan untuk menganalisis data kuesioner, peneliti menerapkan deskriptif statistic. Dari hasil analisis data bisa disimpulkan bahwa media Podcast efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Hasil uji-t dari proses analisis data adalah 0.014 dimana nilai ini lebih kecil dari 0.05 yang bermakna hasil post-test speaking kelompok control dan kelompok eksperimen menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sedangan persepsi siswa dalam penggunaan Podcast menunjukkan bahwa sebagian besar siswa menunjukkan respon positive. Para siswa menyukai Podcast dan menyatakan bahwa Podcast membantu mereka dalam pembelajaran bahasa Inggris, khususnya kemampuan berbicara.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Podcast, kemampuan berbicara, persepsi siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Tri Yuliani |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:28 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:28 |
URI: | http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/732 |
Actions (login required)
View Item |