Azmi, Ulul and Bahiyyah, Hilyatul (2023) The Effectiveness of Using Podcasts in Teaching Speaking to Tsanawiyah Students. Journal of Education Research, 4 (1). pp. 428-434.
Text
Jurnal Efektivenes - Ulul, Hilya.pdf Download (592kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara siswa atau setelah penerapan podcast dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah preeksperimental dengan desain one grup pre-test post-test. Sampel dalam penelitian adalah siswa MTs kelas VIII yang berjumlah 22 siswa. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrument tes dan kuesioner. Pengujian validitas, reliabilitas, dan kenormalan kedua instrument ini diuji dengan menggunakan SPSS 26.00 untuk memudahkan pengujiannya. Peneliti menggunakan paired sample t-test untuk menguji hipotesis penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan podcast di dalam kelas memberikan perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan speaking siswa dilihat dari perbandingan nilai pre-test dan post-test siswa. Rata-rata nilai dari pre-test siswa adalah 62.91, dan rata-rata nilai dari post-test siswa setelah diberi perlakuan adalah 78.13. Dengan kata lain, penerapan dari podcast dapat meningkatkan kemampuan speaking siswa MTs kelas VIII.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbicara, Podcast, Pembelajaran Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Tri Yuliani |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 06:21 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 06:21 |
URI: | http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/731 |
Actions (login required)
View Item |