Analysis of ICT Literacy Skill of Fifth Grade Elementary School Students in Cirebon Border Area

Amaruddin, Hidar and Nurahman, Nurul Iman and Mustamid, Mustamid and Sutiyono, dkk, Sutiyono, dkk (2021) Analysis of ICT Literacy Skill of Fifth Grade Elementary School Students in Cirebon Border Area. Edubasic Journal: Jurnal Pendidikan Dasar, 3 (1). pp. 20-28. ISSN 2549-4562

[img] Text
32105-73547-1-PB (1).pdf

Download (339kB)
Official URL: https://ejournal.upi.edu/index.php/edubasic

Abstract

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di abad 21 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satunya di bidang pendidikan. TIK memiliki peran penting dalam pengembangan sistem pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan literasi TIK siswa sekolah dasar di wilayah perbatasan Kabupaten Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian terdiri dari 157 siswa sekolah dasar kelas V di Kecamatan Sedong yang terletak di perbatasan Kabupaten Cirebon, Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 82% siswa memiliki perangkat TIK, seperti laptop, smartphone, atau tablet, dengan 61% siswa terbiasa menggunakan perangkat TIK dalam kehidupan sehari-hari antara 2-6 jam per hari. Namun tingkat literasi TIK siswa masih berada pada level 1 dari 6 level. Hanya 32% siswa yang menggunakan perangkat TIK untuk mencari informasi sesuai kebutuhan, dan 27% siswa menggunakan perangkat TIK untuk diskusi tentang pembelajaran. Siswa lebih banyak memanfaatkannya untuk hiburan, seperti mendengarkan musik, menonton video, bermain game, dan bercanda dengan teman-temannya di media sosial. Dalam hal ini siswa membutuhkan bimbingan dan arahan dalam menggunakan perangkat TIK agar dapat digunakan sesuai kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari meskipun berada di daerah perbatasan antar daerah. Manfaat studi ini adalah untuk melihat persentase tingkat literasi TIK siswa sekolah dasar sebagai studi pendahuluan untuk studi lain yang sedang berlangsung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi TIK, Sekolah Dasar, Daerah Perbatasan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:36
Last Modified: 12 Jan 2022 04:36
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item