Dewi, Pipit Febriana and Abadi, Anis Susila (2021) Peer Review : ANALISIS PENENTU PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI SARANA E-LEARNING DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA YOGYAKARTA. Jurusan Teknik Infprmatika, UPN Veteran Yogyakarta, Yogyakarta.
Text
PER REVIEW KARYA ILMIAH 1 hendrik-merged.pdf Download (405kB) |
Abstract
Tujuan: mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan dosen dan mahasiswa mengadopsi dan menolak mengadopsi Google Classroom sebagai sarana E-Learning di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Perancangan/metode/pendekatan: Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan makna dari suatu fenomena. Teori Difusi Inovasi digunakan sebagai landasan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peranan Google Classroom sebagai sarana E-Learning dan bagaimanakah kesesuaian Google Classroom sebagai sarana E-Learning di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Hasil: faktor adopsi meliputi sinkronisasi email mahasiswa dan dosen dengan Google, terintegrasi dengan fitur Google lainnya, efisiensi biaya, waktu, dan tempat, alternatif untuk E-Learning, fasilitas penilaian, pengarsipan KBM, kemudahan komunikasi dosen dan mahasiswa, dan keterlambatan pengumpulan tugas dapat diketahui. Faktor penolakan terdiri dari keterbatasan kepemilikan media elektronik, keterbatasan pengetahuan, koneksi internet, dan fasilitas presensi belum ada. Keaslian/ state of the art: Faktor-faktor dosen dan mahasiswa mengadopsi dan menolak mengadopsi Google Classroom sebagai sarana E-Learning di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Google Classroom, Kualitatif |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Tri Yuliani |
Date Deposited: | 03 May 2021 07:27 |
Last Modified: | 05 Jan 2022 03:06 |
URI: | http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/7 |
Actions (login required)
View Item |