Pemberdayaan Perempuan melalui Literasi Keuangan dan Digital Marketing pada UMKM Jamu Desa Kiringan

Ruscitasari, Zulfatun and Sayuga, Melvin Rahma and Pratiwi, Nurna and Hendriana, Yana (2022) Pemberdayaan Perempuan melalui Literasi Keuangan dan Digital Marketing pada UMKM Jamu Desa Kiringan. Dharma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1 (No.2). pp. 11-20. ISSN 2775-3433

[img] Text
Artikel-Zulfa-PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI LITERASI KEUANGAN.pdf

Download (374kB)
Official URL: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/dlppm/

Abstract

Dukuh Kiringan, Desa Canden, Kecamatan Jetis, Bantul ditetapkan oleh Bupati Bantul sebagai sentra industri jamu gendong pada tahun 2018. Adapun jenis-jenis jamu yang ditawarkan yaitu jamu peras, sirup jamu, jamu instan dan jamu celup. Desa Wisata Jamu Kiringan saat ini telah memiliki website dan juga media sosial sebagai sarana pemasaran digital. Namun pemasaran online masih belum dilakukan secara optimal karena keterbatasan kemampuan dalam mengoperasikan marketplace dan media sosial lainnya.Selain itu, para pelaku usaha tidak memisahkan antara uang pribadi dengan uang usaha. Para pelaku usaha tidak memiliki pencatatan keuangan yang akuntabel, bahkan pencatatan keuangan secara sederhana (pengeluaran dan pemasukan). Pelaku usaha berasumsi bahwa dalam mengelola keuangan sudah untung apabila dapat membeli bahan baku jamu dan kebutuhan sehari-hari terpenuhi, namun ketika sudah tidak memiliki uang untuk membeli bahan baku berarti mereka menganggap sedang rugi. Program pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh tim Dosen dan Mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai literasi keuangan usaha, serta pelatihan penggunaan marketplace sebagai media promosi online. Metode yang digunakan dalam pelakasanaan adalah dengan (1) memberikan sosialisasi literasi keuangan terutama dalam pencatatan dan pengeluaran keuangan serta investasi keuangan di masa depan kepada para pelaku usaha jamu, (2) memberikan pendampingan strategi pemasaran melalui media digital dan website untuk memperluas pasar. Adapun mitra yang dibina adalah anggota inti yang masuk dalam kepengurusan Kelompok Jamu Seruni Putih di Desa Wisata Jamu, yaitu sekitar 10 orang. Hasil dari kegiatan ini memberikan dampak kepada pengelola UMKM dalam peningkatan pengelolaan keuangan usaha dan literasi keuangan. Pengelolaan keuangan berfokus pada penyusunan laporan keuangan. Kemudian, sosialisasi mengenai pentingnya pemisahan uang pribadi dengan uang usaha dalam kegiatan usaha yang dijalankannya. Pelatihan penggunaan media digital sebagai media pemasaran online juga telah berjalan sesuai dengan rencana.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UMKM, aspek keuangan, aspek pemasaran, sistem informasi akuntansi, pemasaran digital
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 30 Mar 2023 05:30
Last Modified: 30 Mar 2023 05:30
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item