Augmented Reality Pengenalan Satwa Nusantara Untuk Menumbuhkan Kecintaan Bangsa Pada Anak-Anak

Abadi, Anis Susila and Dewi, Pipit Febriana and Robi'in, Bambang (2022) Augmented Reality Pengenalan Satwa Nusantara Untuk Menumbuhkan Kecintaan Bangsa Pada Anak-Anak. TELEMATIKA (Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi), 18 (1). pp. 359-370. ISSN 2460-9021

[img] Text
Artikel-Anis Susila Abadi-Augmented Reality Introduction to Animals of the Archipelago to Grow the.pdf

Download (812kB)
Official URL: http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/art...

Abstract

Tujuan: Menghasilkan aplikasi Augmented Reality sebagai medi pengenalan satwa nusantara untuk menumbuhkan kecintaan bangsa kepada anak-anak. Perancangan/metode/pendekatan: Aplikasi AR dibangun dengan menggunakan marker. Pengembangan Aplikasi AR menggunakan metode MDLC yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil: Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan. Hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan uji kemiripan sebesar 92% untuk pengujian kemiripan objek 3D pada hewan. Pengujian SEQ dengan hasil sebesar rata-rata 91,18 dari skala 10 sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah memenuhi kebutuhan pengguna.Keaslian/ state of the art: Pengembangan aplikasi ini fokus pada apliaksi AR dengan model satwa nusantara dan penjelasan mengenai karakteristik hewan tersebut.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented reality, Satwa nusantara, Anak-anak, Multimedia
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 03 Mar 2023 01:52
Last Modified: 03 Mar 2023 02:15
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/543

Actions (login required)

View Item View Item