Abadi, Anis Susila and Dewi, Pipit Febriana and Robi'in, Bambang (2022) Augmented Reality Pengenalan Satwa Nusantara Untuk Menumbuhkan Kecintaan Bangsa Pada Anak-Anak. TELEMATIKA (Jurnal Informatika dan Teknologi Informasi), 18 (1). pp. 359-370. ISSN 2460-9021
Text
Artikel-Anis Susila Abadi-Augmented Reality Introduction to Animals of the Archipelago to Grow the.pdf Download (812kB) |
Abstract
Tujuan: Menghasilkan aplikasi Augmented Reality sebagai medi pengenalan satwa nusantara untuk menumbuhkan kecintaan bangsa kepada anak-anak. Perancangan/metode/pendekatan: Aplikasi AR dibangun dengan menggunakan marker. Pengembangan Aplikasi AR menggunakan metode MDLC yang terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Hasil: Penelitian ini menghasilkan aplikasi Augmented Reality Pengenalan Hewan. Hasil pengujian yang telah dilakukan menggunakan uji kemiripan sebesar 92% untuk pengujian kemiripan objek 3D pada hewan. Pengujian SEQ dengan hasil sebesar rata-rata 91,18 dari skala 10 sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah memenuhi kebutuhan pengguna.Keaslian/ state of the art: Pengembangan aplikasi ini fokus pada apliaksi AR dengan model satwa nusantara dan penjelasan mengenai karakteristik hewan tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, Satwa nusantara, Anak-anak, Multimedia |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Tri Yuliani |
Date Deposited: | 03 Mar 2023 01:52 |
Last Modified: | 03 Mar 2023 02:15 |
URI: | http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/543 |
Actions (login required)
View Item |