Rancang Bangun Website UMKM Win Herbal sebagai Media Bramding dan Pemasaran Menggunakan AGILE Software Develoopment

Hiddayattullooh, Rizaal and Abadi, Anis Susila and Marier, Syauqie Muhammad (2022) Rancang Bangun Website UMKM Win Herbal sebagai Media Bramding dan Pemasaran Menggunakan AGILE Software Develoopment. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi, 1. pp. 513-519. ISSN 2964-5131

[img] Text
Artikel-Anis Susila Abadi-Rancangan Bangun Website UMKM Win Herbal sebagai Media Bramding dan Pemasaran Menggunakan Agile Software Develoopment.pdf

Download (374kB)
Official URL: https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PR...

Abstract

Seiring perkembangannya, teknologi informasi dan komunikasi telah dimanfaatkan sebagai sarana untuk menjalankan bisnis, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Akan tetapi, tidak semua pelaku UMKM tahu dan mengerti cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk media branding dan pemasaran. Salah satunya adalah Win Herbal yang memproduksi jamu dari bahan-bahan tumbuhan herbal dan dikemas dalam bentuk produk bubuk. Dalam memasarkan produknya, Win Herbal masih menggunakan cara manual dengan menitipkan produknya ke toko dan warung-warung sekitar. Hal ini menjadikan penjualan produk Win Herbal belum maksimal karena belum memiliki website untuk branding dan promosi serta pemasaran secara berkelanjutan. Akibatnya, produksi Win Herbal belum bisa kontinu. Tujuan penelitian ini adalah merancang website UMKM Win Herbal sebagai media branding dan pemasaran. Metode yang digunakan untuk merancang sistem dalam penelitian ini adalah metode Agile Software Development dengan kerangka kerja Kanban. Dengan pendekatan Agile Kanban, akan menghasilakan produk yang berkualitas dan efisien. Agile Kanban juga menyediakan penjadwalan yang sederhana dan mudah dipahami sehingga pengerjaan project lebih terukur dan mudah diprediksi sehingga bisa berjalan tepat waktu dan sesuai anggaran. Agile Kanban memiliki 5 tahapan yang harus dilakukan, lima tahapan itu meliputi product backlog, sprint backlog, sprint planning, sprint, dan review & retrospective. Penelitian ini menghasilakn sebuah website UMKM Win Herbal sebagai branding dan pemasaran sesuai dengan permintaan client yang dikerjakan dalam 5 iterasi sprint, dengan beberapa backlog item yang memerlukan perubahan dalam pengembangannya di fase sprint.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: website, umkm, agile kanban, branding, pemasaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 02 Mar 2023 07:29
Last Modified: 03 Mar 2023 03:51
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item