Peer Review : Desain Gim Serius Identifikasi Bunyi untuk Anak Tunarungu Menggunakan User Centered Design

Rina, Fadmi and Abadi, Anis Susila and Huda, Sholeh (2022) Peer Review : Desain Gim Serius Identifikasi Bunyi untuk Anak Tunarungu Menggunakan User Centered Design. Jurusan Informatika UPN "Veteran" Yogyakarta 2022, Yogyakarta.

[img] Text
Peer review Bu Rina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hilangnya fungsi pendengaran pada anak tunarungu mengakibatkan anak tunarungu mengalami hambatan dalam mendengarkan bunyi benda atau bunyi bahasa sebagaimana umumnya anak dengar. Oleh karena itu, diperlukan optimalisasi fungsi pendengaran anak tunarungu. Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama (PKPBI) merupakan program khusus latihan memahami bunyi agar sisa-sisa pendengaran anak tunarungu dapat dimaksimalkan. Selama ini, media pembelajaran PKPBI pada tahap identifikasi bunyi yang digunakan oleh guru SLB Karnna Manohara Yogyakarta yaitu keyboard. Namun keyboard memiliki kelemahan seperti koleksi bunyi yang terdapat pada keyboard sangat terbatas. Masalah lainnya adanya pendemi Covid 19, pembelajaran PKPBI menjadi kurang maksimal karena terbatasnya pertemuan tatap muka. Tujuan penelitian ini yaitu merancang gim serius sebagai media pembelajaran identifikasi bunyi untuk anak tunarungu yang dapat digunakan didalam kelas dan dirumah. Metode yang digunakan untuk merancang gim seriusidentifikasi bunyi yaitu User Centered Design (UCD). Berdasarkan hasil penelitian, rancangan gim serius ini dapat dikembangkan menjadi aplikasi gim serius untuk melatih identifikasi bunyi pada anak tunarungu.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Anak Tunarungu; Gim Serius; Identifikasi bunyi; User Centered Design
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 16 Dec 2022 04:05
Last Modified: 16 Dec 2022 04:07
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item