Peer Review : LITERASI DIGITAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENCEGAHAN PERILAKU ONLINE BERISIKO PADA SISWA SEKOLAH DASAR USIA REMAJA AWAL DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA

Mustamid, Mustamid and Andriyati, Nofica (2022) Peer Review : LITERASI DIGITAL DAN PENGARUHNYA DALAM PENCEGAHAN PERILAKU ONLINE BERISIKO PADA SISWA SEKOLAH DASAR USIA REMAJA AWAL DI PROVINSI D.I. YOGYAKARTA. Research and Community Service Institution STIT Al Multazam, Lampung.

[img] Text
Peer Review Mustamid.pdf

Download (246kB)

Abstract

Di samping menyediakan kemudahan dan dampak positif bagi anak, internet juga memiliki risiko atau dampak negatif apabila tidak dimanfaatkan dengan bijak. Salah satu dampak negatifnya disebut dengan perilaku online berisiko. Prediktor yang diduga mampu memprediksi perilaku online berisiko adalah literasi digital. Penelitian ini menguji dan menganalisis pengaruh literasi digital (X1) terhadap perilaku online berisiko (Y) siswa usia remaja awal di Provinsi D.I. Yogyakarta. Penelitian korelasional kausal memanfaatkan survei cross-sectional ini mengumpulkan data melalui kuesioner online menggunakan aplikasi Google Form yang dibagikan kepada responden sukarela. Penelitian ini dilakukan selama bulan Juni sampai dengan Agustus 2022 dengan jumlah 304 responden. Proses penelitian antara lain melalui penyusunan instrumen, uji kelayakan instrumen, pengumpulan data melalui kuesioner online, tabulasi, dan analisis data. Skala literasi digital diadaptasi dari Rodríguez-de-Dios, Igartua, & González-Vázquez ditambah Brian O'Neill & Thuy Dinh dan Hui Zhang & Chang Zhu.Sedangkan perilaku online berisiko diukur menggunakan skala Adityar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel pencegahan perilaku online berisiko. Mayoritas subjek berada pada kategori memiliki literasi digital yang tinggi/baik dan memiliki perilaku online berisiko yang rendah. Namun demikian, meskipun literasi digital sudah cenderung tinggi, bimbingan dan upaya peningkatan literasi digital siswa remaja usia sekolah dasar perlu terus dilaksanakan seoptimal mungkin agarsemakin menghindarkan anak-anak dari paparan perilaku online berisiko.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital, Perilaku Online Berisiko, Remaja, Gadget, Internet
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 06 Dec 2022 06:20
Last Modified: 06 Dec 2022 06:20
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/285

Actions (login required)

View Item View Item