Peer Review : Memaksimalkan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus TK Al-Qadir Cangkringan Sleman Yogyakarta)

Andriyati, Nofica (2022) Peer Review : Memaksimalkan Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus TK Al-Qadir Cangkringan Sleman Yogyakarta). UNU Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Peer Review 1.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://journal.unusia.ac.id/index.php/TunasAswaja...

Abstract

Orang tua harus dilibatkan secara aktif selama proses belajar mengajar di rumah. Dengan arti lain, pemerintah seharusnya membuat kebijakan untuk mengedukasi para orang tua agar bisa mendampingi proses belajar anaknya selama pandemi. Setelah itu, evaluasi pembelajaran bisa dilakukan sendiri oleh guru, namun harus melibatkan orang tua. Hal ini karena evaluasi untuk pendidikan anak usia dini lebih memaksimalkan pengamatan perilaku anak sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif studi kasus. Metode ini digunakan untuk melaporkan kondisi di lapangan secara real dan hanya mendeskripsikan data. Analisis diperlukan untuk menggabungkan temuan lapangan dan beberapa data yang digunakan sebagai pendukung. Penelitian ini tidak sampai menggunakan uji data atau eksperimen. Subyek terdiri dari murid kelompok A dan murid kelompok B TK Al Qadir Cangkringan Sleman Yogyakarta. Berdasarkan data dilapangan, proses evaluasi dapat maksimal jika, (1) Orang tua ikut membuat catatan anekdot, catatan hasil karya, dan catatan perkembangan. Setelah itu, guru bisa membuat laporan evaluasi portofolio mingguan berdasarkan catatan evaluasi orang tua dan juga laporan perkembangan aspek kognitif anak yang didapatkan dari dokumentasi orang tua; (2) Kedua, orang tua juga harus mendapatkan kelas parenting, yang berkaitan dengan memaksimalkan aspek afektif dan psikomotorik. Karena, kedua sikap ini sulit dijangkau oleh guru di masa pembelajaran jarak jauh. Seperti membacakan cerita untuk anak, membimbing anak untuk selalu menghargai orang lain, mengajarkan anak untuk selalu berfikir positif, dan mengajarkan anak bertutur kata yang baik; (3) Ketiga, selama proses pandemi orangtua juga bisa diberi edukasi untuk memaksimalkan pendidikan agama dan hobi anak.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Anak Usia Dini, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:39
Last Modified: 12 Aug 2022 08:39
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item