Peer Review : Analisis Muatan Pendekatan Kontekstual dalam Modul Dirasah Islamiah Tema “I Love Allah”

Syafriza, Azizatul Alif and Ummah, Uswatul (2022) Peer Review : Analisis Muatan Pendekatan Kontekstual dalam Modul Dirasah Islamiah Tema “I Love Allah”. Fakultas Ilmu Pendidikan “UNU Yogyakarta, Yogyakarta.

[img] Text
Peer Review Azi .pdf

Download (146kB)

Abstract

Modul merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang disusun secara lengkap memuat kegiatan pembelajaran dan didesain agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran. Modul Dirasah Islamiah memuat deskripsi materi dan activity yang mengarahkan peserta didik belajar dengan cara menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan pendekatan kontekstual dalam modul dirasah islamiah kelas 6 tema “I Love Allah”. Penelitian ini merupakan penelitian analisis konten yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah modul Dirasah Islamiah kelas 6 Tema “I Love Allah”. Objek dari penelitian ini adalah muatan pendekatan kontekstual. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu human instrument. Penelitian dilakukan secara mandiri, dengan pengetahuan, ketelitian, dan kekritisan yang dimiliki peneliti guna mencari dan menggali informasi dan data-data yang diperlukan berdasarkan rumusan masalah yang telah dipaparkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pembacaan dan pencatatan yang cermat. Instrumen penelitian ini adalah lembar analisis dokumen yang dikembangkan dari landasan teori. Teknik analisis data terdiri dari 6 langkah. Teknik tersebut antara lain pengumpulan data, penentuan sampel, pencatatan data, reduksi data, penarikan kesimpulan, dan mendeskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen-komponen dalam pendekatan kontekstual yang terdiri dari konstrktivisme, inquiri, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penialaian sebenarnya muncul dalam modul. Lima belas indikator yang ada dari 7 komponen kontekstual, tidak semuanya muncul dalam modul. Indikator yang muncul dalam modul berjumlah 9 indikator sedangkan indikator yang tidak muncul berjumlah 6 indikator. Semua komponen pendekatan kontekstual muncul di dalam modul dirasah Islamiah tema” I Love Allah”, namun tidak semua indikator dari masing-masing komponen tersebut muncul.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: analisis modul, dirasah islamiah, pendekatan kontekstual
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Tri Yuliani
Date Deposited: 24 May 2022 05:04
Last Modified: 24 May 2022 05:12
URI: http://repository.unu-jogja.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item